Friday, March 13, 2015

Sanggar Bahana Antasari dalam Festival Japin Carita 2014 Se-Kalimantan Selatan

Sanggar Bahana Antasari dalam Pementasan "Berhala" pada Festival Teater Tradisi Japin Carita Se-Kalimantan Selatan, 9 Juni 2014, Gedung Kesenian Balairung Sari, Taman Budaya Banjarmasin
 Hello Creamers, how are you? It's almost a month since my last post, I was so busy with my art group, a week ago we held theater performance and I acted as well. ^^ This is not our last week theater performance, it was year ago.
I'll use Bahasa for this post :D

Sebenarnya ini postingan udah lama banget pengen diposting, cuma karena masih banyak yang lain yang harus dipost dan gak sempat-sempat terus, malah jadi lupa. Bulan Juni tahun lalu, tepat 6 Juni 2014 aku main lagi di atas panggung perak, dan ini pertama kalinya aku main di panggung Taman Budaya :D setelah absen 2 tahun gak ada memeranin tokoh, dari 2012 kemaren sampe 2014 ini sering di belakang panggung aja jadi crew, dokumentasi, humas, konsumsi, dan pimpro.

Kita, Sanggar Bahana Antasari ikut dalam festival teater tradisi Japin Carita Se-Kalimantan Selatan yang diadain Teater Awan, persiapannya waktu itu kurang lebih 2 bulan dan pemainnya banyak banget. FYI, teater tradisi Japin Carita merupakan teater rakyat tradisional yang tumbuh dan berkembang di Kalimantan Selatan berasal dari pengembangan tari dan musik japin. Biasanya Japin Carita ini dibawakan untuk meramaikan malam pengantin dan hari besar Islam. Jenis Teater ini boleh dibilang hampir punah karena sudah sangat jarang dimainkan. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini.

Ini merupakan penampilanku yang ketiga, yap memang masih sedikit banget pengalamanku sebagai aktris teater, tapi alhamdulillah sukses juga memerankan "galuh Utih", seorang pelajar yang baru aja lulus SMA yang centiil banget ceritanya disini, bareng teman-temannya. Kali ketiga memerankan peran seorang anak, dan ini peran kedua sebagai anak SMA (entah kenapa sering dapat peran anak SMA).
Sebuah proses yang panjang sampai akhirnya aku bisa berdiri lagi di atas panggung pementasan sebagai aktris, mulai dari casting pemain, latihan-latihan yang lama, ada saat ketika aku hampir menyerah, ada saat dimana aku merasa sulit banget menyesuaikan diri dengan tarian japin (karena memang aku gak bisa nari), ada saat dimana kesulitan banget menggunakan bahasa banjar dengan logat kentalnya (karean aku bukan orang Banjar), ada saat dimana rasa kecewa itu menerpa, namun semuanya adalah tantangan yang aku anggap harus kulalui, berkat semuanya, seluruh pemain, sutradara, pemusik, tim produksi, crew, terutama angkatan XIX-ku yang selalu nge-support, menemani, dan selalu ada.

Alhamdulillah seluruh ketakutan dan keringast dingin di detik-detik memasuki panggung kembali kurasakan, kegugupan, demam panggung kembali menghampiriku, namun semuanya hilang saat musik pembuka dimulai. 
Saat dimana seluruh lampu sorot menyala dan dengan lembutnya alunan musik mengiringi kami menari.
Kembali kurasakan nikmatnya panggung pertunjukkan, menikmati setiap alur, gerak, dan percakapan.
Mungkin terkesan berlebihan, tapi jujur aja, 2 tahun vakum gak ada main di atas panggung itu benar-benar membuatku merindukan panggung perak ini, merindukan sorot-sorot lampu yang menyinariku, tatapan-tatapan penonton, dan terlebih, aku merindukan seluruh proses sampai aku siap berdiri di atas panggung ^^ Apalagi mayoritas pemain di Japin Carita ini adalah angkatanku, angkatan XIX.

Dan alhamdulillah, gak sampai setahun, kemaren awal Maret aku main teater tradisi lagi dan dengan peran yang berbeda ^^ sekarang juga lagi dalam proses latihan untuk 2 pementasan selanjutnya. Kalo 2 pementasan ini berjalan lancar, 2015 ini berarti aku memainkan 3 naskah :D
 Para pemusik
Setelah pementasan, foto-foto sama pemain, pemusik, sutradara, dan tim produksi
 bareng 3 cewek SMA lainnya. btw untuk kostum SMA ini kebetulan aku punya temen dari klub fotografi dan tetangga anak teater juga yang baru lulus SMA, jadi pinjam baju coret-coretnya ke mereka deh.
 Bareng Una dan Indri
 Bareng Pambakal alias Kak Fachry
 Pambakal dan istrinya, Mimi

My favorit girl, Kak Aulia
Setelah pementasan, kami ngumpul di rumahnya ketum sebentar
 Ini waktu gladi bersih H-1 pementasan
 Backstage! Sebelum pementan di belakang panggung selesai make-up dan nunggu giliran tampil kita foto-foto dulu hehe
bareng Kak Eko alias Pak Ustadz dan Una
Bareng Mami :D
Foto yang di atas foto 2 tahun yang lalu waktu pentas perdana, jadi anak SMA dari keluarga miskin bareng Miftah dan Arief, 2 tahun setelahnya, foto yang bawah kita main bareng lagi walau gak jadi keluarga haha
before and after make-up

instagram ♥ | twitter ♥ | youtube | ask.fm | lookbook.nu ♥ | tumblr ♥ | daily blog ♥ |  Bloglovin 

10 sweet words:

  1. You made it!
    Congrats ayuuu

    P.S.
    Forever young banget yaa
    Pake baju SMA kayak anak SMA beneran loh :))

    ReplyDelete
  2. Waaa seru bangetttss! Aku juga lagi proses teater lagi nih, dan ini udah pementasan keduaku, so excited! Ah jadi pengen nonton kak Ayu main teater nihhh :") Aku juga pengen kak Ayu nonton teaterku hahahahah walaupun masih amatir banget. Semoga pementasanku nanti bisa sesukses kak Ayu!

    ReplyDelete
  3. berarti kamu masih imut yu, hihihi...memang peristiwa di balik pentas itu selalu seruuu! Love the vibe!

    ReplyDelete
  4. Selamat, ya. Syukurlah semua berjalan lancar :)

    ReplyDelete
  5. congratulations for your performance \(^o^)/ jadi pinginliat langsung deh :D

    Take care,
    Rizuna from 100% Nerd

    ReplyDelete
  6. seems like a wonderful presentation!! :D

    have a great week!
    Animated Confessions

    ReplyDelete
  7. Awesome Pictures
    maybe you wanna have alook at my blog and follow!?
    http://chelysparkles.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wow... pertunjukanya keren
    pasti dapat tepuk tangan meriah ya

    ReplyDelete

drop your comments here. it would be perfect with your comments ~
I may not reply it all :( but I'll try reply it asap.. ♥ twitter | instagram | bloglovin♥

About Me

My photo
Living as the only one daughter in her family for 22 years. "Daddy" adorer. It's about her retro and girly with a bit boyish taste! Shown her biggest love to wear skirt, boots. People call her Adeayu or Ayu / Deay. She comes into the world on 17th August 1993. Yes! On Indonesia Independent Day. Known as "Ncus" of Bahana Art Group and part of 09 Theater Art Group. Sleeping wherever she is.. Wears Hijab and PROUD with it. Fashion quote : "fashion? Is not just about expensive clothes or branded things. It's about your sense, how you wear it, mix-match it, and show it off" fashion to her : depend on her mood, colorful, brown-ish, modern-retro, stunning, and FUN!

Followers

Follow by Email