Thursday, December 27, 2012

Pementasan "SeBELUM PAGI" oleh Sanggar 09

Yay! Sebuah Pementasan Teater lagi, dan alhamdulillah kami meraih sebuah penghargaan lagi. Jadi,  Teater KITA Banjarmasin mengadakan Festival Monolog dan Teater se-Kalimantan menyambut ulang tahun Teater KITA yang berlangsung di Taman Budaya Kalimantan Selatan. Karena se-Kalimantan, tentu aja yang ikut dari berbagai macam daerah, 1 Teater/Sanggar boleh mengirim lebih dari 1 naskah pementasan. Sanggarku, Sanggar Bahana Antasari gak ikut berpartisipasi, tapi, Sanggar salah satu pe-abang-an sanggar kami, Bang Achiem (yang dulu menjadi sutradara pada Pentas Perdana XIX), Sanggar Teater 09 (read : Kosong Sembilan) berpartisipasi.

Sebagian besar anggota 09 adalah orang Bahana, dan beberapa anggota Bahana yang bukan anggota 09 diajak menjadi kru, dan aku diajak juga jadi kru bagian dokumentasi. Untuk yang mentas sendiri adalah Miranti, salah satu sahabatku, seangkatan XIX di Sanggar Bahana, Abang Fauzi "becek" yang dulu menang sutradara terbaik se-Banjarmasin pada Festival Teater Ganesha, dan Abang Hasan "Anguy". Dengan judul naskah "SeBELUM PAGI" karya abang Achiem sendiri, mereka bertiga bermain di atas panggung pada Kamis, 13 Desember 2012 lalu. Untuk judulnya sendiri, banyak yang bertanya arti dari "e" kecil pada "SeBELUM PAGI".

Spesial untuk pementasan kali ini, semua kru dibuatkan baju oleh peabangan, aku sendiri suka sekali desainnya, unik. Senang bisa bersama lagi, bahu membahu mensukseskan pementasan kali ini, sungguh bangga dengan Miranti, dari angakatan XIX, baru dia yang bisa mentas di Taman Budaya. Dan alhamdulillah sekali, dengan pementasan tersebut, Sanggar Teater 09 meraih aktor terbaik yang diraih abang Fauzi "becek".

Selain itu, pendiri sanggar Bahana kami, Abang Didien juga datang dari Balikpapan bersama teaternya di sana, Teater Oelon, Bang Didien ikut monolog dengan naskah "Sebuki" dan juga ikut teaternya bersama anak didiknya yang lain. Pada Sabtu, 15 Desember 2012, bang Didien dan anak-anak didiknya mementaskan "Pemimpi", sebelum pementasan, kami anggota Bahana datang dan membantu persiapan beliau, senang bisa berkenalan dengan orang-orang Teater Oelon, orang teater itu selalu lucu ^^, speechless melihat pementasan "Pemimpi", bahkan Eufri yang berperan sebagai anak bungsu pada "Pemimpi" meraih aktris terbaik se-Kalimantan, Eufri masih kelas 1 SMA lagi. Big thanks to Duan yang udah minjamin lensanya untuk hari itu

Oke, ceritanya sampai di sini, dan ini foto-fotoku bersama anggota Sanggar Bahana Antasari dan Sanggar 09:


with Kak Nia "jangkrik"

Potongan Naskah

Kak Saufi dan Kak Kelik, mereka berdua dari 09, non Bahana. Kalau sama Kak Kelik udah lama kenal ^^

Anggota 09 dan pegiat teater

dengan naskah SeBELUM PAGI

Tes-tes latihan musik pengiring
pamflet yang dibagikan

halaman terakhir pamflet

sesi make-up

tata panggung






Dan ini pementasannya
photos taken by kak Abdi Vault from Sanggar At-Ta'dib (he's MPB's member too)
taken by myself
credit as tagged
credit as tagged
last scene, taken by myself
    Naskah SeBELUM PAGI menceritakan tentang seorang pegiat teater yang miskin, kerja serabutan, istrinya yang tidak ingin lagi hidup sengsara meminta cerai padanya, konflik rumah tangga. Seorang sahabatnya yang biasa menolongnya ternyata membantu istrinya untuk cerai, dan akhirnya dia memutuskan hidup sendiri di jalan seninya. Jurinya sendiri dari juri dari IKJ dan FTV Jakarta ^^
with the actors and actress
detail of the tee
candid by (?)
Sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian Sanggar Bahana Antasari, sebuah keluarga untukku, yang menerima semua sisi lemahku, membantuku ketika aku jatuh dan tertekan.
Untuk semua tes wawancara-pra workshop-workshop-workshop tambahan yang ku lalui, untuk semua masa-masa berat dengan berbagai macam tekanan, ejekan, cacian dari luar, yang meremehkanku, aku bangga aku mendapatkan lebih dari yang ku kira, sebuah keluarga besar, yang ada untukku setiap saat, membentuk karakterku hingga sekarang, memperkuat karakterku yang telah ada. Dan aku, akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Sanggar Bahana Antasari, keluarga kebanggaanku.
Untuk orang-orang yang mencemooh, mengejek, meremehkanku dengan semua usahaku untuk bisa menjadi anggota Sanggar Bahana, lihat, betapa bahagianya aku bersama mereka. Remehan kalian terhadapku menjadikanku kuat, terima kasih karena sudah pernah meremehkanku ^^

Dan sebuah kabar gembira datang pada Jumat 21 Desember 2012 kemaren , Sanggar Teater 09 merekrutku menjadi bagian dari mereka, waktu di kelas baca smsnya, speechless banget. Jadi sekarang, kalau di dalam kampusnya Sanggar Bahana, untuk luarnya Sanggar 09 Banjarmasin, terima kasih Abang Achiem dan semua anggota 09 yang sudah merekrutku ^^.


date : Thursday, 13th December 2012
 location : Taman Budaya Kalsel
 photographer : All Bahana and 09's crews
wardrobe : Tee - Bengkengs (I cut the tee by myself), Flower Skirt - Lollishop by Sister, Suspenders - Naughty, Red Inners - Sodagar, Union Jack Brooch - Ayuyu by Adeayu

7 sweet words:

  1. selamat ya atas perekrutannya ,,baju nya di potong sendiri kah wow keren banget .

    ReplyDelete
  2. congrats dek Ayuuuuuu, maruk ah punya 2 sanggar *loh :D
    sukses yah buat dua duanya :)))

    ReplyDelete
  3. This is so much Fun! I'm so happy looking at the pictures :-)

    ReplyDelete
  4. Nice post! ^_^

    www.the-styleguide.blogspot.mx

    ReplyDelete
  5. seems had so much fun! good luck for you ! btw i love your skirt :)


    Hei Echa!

    ReplyDelete
  6. Happy New Year!
    visit my blog?

    http://voguemarcelino.blogspot.com

    ReplyDelete

drop your comments here. it would be perfect with your comments ~
I may not reply it all :( but I'll try reply it asap.. ♥ twitter | instagram | bloglovin♥

About Me

My photo
Living as the only one daughter in her family for 22 years. "Daddy" adorer. It's about her retro and girly with a bit boyish taste! Shown her biggest love to wear skirt, boots. People call her Adeayu or Ayu / Deay. She comes into the world on 17th August 1993. Yes! On Indonesia Independent Day. Known as "Ncus" of Bahana Art Group and part of 09 Theater Art Group. Sleeping wherever she is.. Wears Hijab and PROUD with it. Fashion quote : "fashion? Is not just about expensive clothes or branded things. It's about your sense, how you wear it, mix-match it, and show it off" fashion to her : depend on her mood, colorful, brown-ish, modern-retro, stunning, and FUN!

Followers

Follow by Email